DPMPTSP | Berita

DPMPTSP KOTA MAGELANG MENYELENGGARAKAN FORUM KONSULTASI PUBLIK SP DAN SOP PERIZINAN BERUSAHA DAN NONPERIZINAN TAHUN 2024

Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang pada Rabu (24/01/2024) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) terkait Standar Pelayanan (SP) dan Standard Operational Prosedure (SOP) kepada dinas-dinas terkait, stakeholder, dan masyarakat. Hadir sejumlah perwakilan dinas dan masyarakat pada sosialisasi yang diadakan di ruang rapat Mal Pelayanan Publik (MPP). 

Latar belakang diselenggarakan FKP adalah karena adanya jenis izin baru yang dilimpahkan kepada DPMPTSP, sekaligus karena ditetapkannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi, dan Perda No 12 Tahun 2023 tentang Pajak dan Retribusi. 

Adanya perubahan jenis izin yang dilimpahkan tersebut, otomatis mengubah SP dan SOP yang disusun sebelumnya, serta perubahan sistem kerja mempengaruhi pada alur proses yang terdahulu, sehingga DPMPTSP perlu terus menyosialisasikan SP dan SOP ini kepada masyarakat luas. Tanpa kecuali di lingkungan internal Pemkot Magelang. 

Pada kegiatan ini disampaikan pula terkait retribusi trayek angkutan umum, pemakaman, dan minuman beralkohol golongan B dan C. Kalau sebelumnya dikenakan retribusi pada tiga jenis layanan itu, maka mulai tahun 2024 ini sudah tidak ada retribusi lagi.

Admin

Itaque quidem optio quia voluptatibus dolorem dolor. Modi eum sed possimus accusantium. Quas repellat voluptatem officia numquam sint aspernatur voluptas. Esse et accusantium ut unde voluptas.