Main menu

Tanda Daftar Usaha Pariwisata

 

  1. Dasar hukum
  1. UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan;
  2. UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik;
  5. Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 2 Tahun 2015 tentang Kepariwisatan;
  6. Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun2016 tentang Pembentukan dan Penyusunan Perangkat Daerah;
  7. Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan NonPerizinan;
  8. Permenpar Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pelayanan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pariwisata;
  9. Peraturan Walikota Magelang Nomor 26 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan dan Rekreasi;
  10. Peraturan Walikota Magelang Nomor 6  Tahun 2017 Tentang Pendelegasian Wewenang Bidang Perizinan Dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang;
  11. Peraturan Walikota Kota Magelang Nomor 50 Tahun 2018  tentang Perubahan Atas Peraturan walikota Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  12. Keputusan Walikota Magelang Nomor 503/121/112 Tahun 2020 tentang Jenis-jenis Perizinan dan Nonperizinan yang didelegasikan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang.
  1. Persyaratan

Peryaratan Umum :

(Kawasan Pariwisata, Jasa Informasi Pariwisata, Jasa Konsultan Pariwisata)

  1. Foto copy KTP
  2. Pas Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar
  3. Denah lokasi dan Denah ruangan tempat usaha
  4. Foto copy akta pendirian perusahaan dan perubahannya (untuk perusahaan bukan perorangan)
  5. Foto copy izin teknis dan dokumen lingkungan hidup
  6. Foto copy IMB
  7. Foto copy NIB
  8. Foto copy NPWP
  9. Fotocopy NOP
  10. Izin Komersial/Operasional dengan Komitmen
  11. Surat Pernyataan Pemenuhan Komitmen
  12. Surat pernyataan yang berisi :
  13. Keabsahan, kebenaran dan sesuai fakta atas dokumen
  14. Sanggup tunduk kepada Undang-undang dan peraturan yang berlaku

Persyaratan khusus :

Daya Tarik Wisata

  1. Foto copy bukti hak pengelolaan dari pemilik daya tarik wisata
  2. Surat pernyataan pemilik/pimpinan perusahaan untuk mengurus sertifikat laik sehat paling lama 3 bulan sejak TDUP diterbitkan untuk usaha pemandian air panas yang memiliki restoran/rumah makan/kafe
  3. Surat pernyataan pemilik/pimpinan perusahaan untuk mengurus sertifikat/rekomendasi kualitas air paling lama 3 bulan sejak TDUP diterbitkan, untuk uasaha pemandian air panas alami

Jasa Transportasi Wisata

  1. Surat keterangan dari pengusaha tentang perkiraan kapasitas jasa transportasi wisata yang dinyatakan dalam jumlah kendaraan, kapal atau kereta api serta daya angkut yang tersedia
  2. Surat keterangan bekerja sama dengan PO Bus/sarana transportasi lainnya

Jasa Makanan Dan Minuman

  1. Surat keterangantertulis dari pengusaha tentang perkiraan kapasitas jasa makanan dan minuman yang dinyatakan dalam jumlah kursi untuk restoran, rumah makan, bar/rumah minum, kafe dan pusat makanan
  2. Foto copy Tanda Daftar Industri/Izin Usaha Industri (untuk jasa boga)
  3. Foto copy laik higinis dari Dinas Kesehatan
  4. Foto copy laik air dari Laboratorium Kota Magelang

Jasa Perjalanan Wisata

  1. Surat keterangan kerjasama dengan perusahaan angkutan
  2. Foto copy sertifikasi pemandu perjalanan
  3. Foto copy sertifikasi kantor

Penyedia Akomodasi

  1. Rekomendasi dari PHRI
  2. Foto copy sertifikat (piagam) kelas hotel
  3. Foto copy kelaikan Lif (bila menggunakan lif)
  4. Foto copy kelaikan boiler (bila menggunakan boiler)
  5. Foto copy kelaikan listrik
  6. Foto copy kelaikan alat pemadam kebakaran
  7. Foto copy sertifikasi hotel
  8. Foto copy sertifikat pemeriksaan kualitas air dari lab kota Magelang
  9. Foto copy izin penggunaan air bawah tanah
  10. Foto copy sertifikat laik sehat dari DKK
  11. Keterangan tertulis pengusaha tentang perkiraan kapasitas penyediaan akomodasi yang dinyatakan dalam jumlah kamar
  12. Keterangan tertulis pengusaha tentang fasilitas yang tersedia

Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan Dan Rekreasi

  1. Foto copy bukti sosialisasi kepada lingkungan sekitar yang disahkan RT, RW, Lurah dan Camat
  2. Surat pernyataan tidak menggunakan PL (pemandu lagu) bermaterai 6000 (untuk karaoke)
  3. Gambar pintu dengan ukuran kaca 40 x 80 kaca bening (untuk karaoke)
  4. STPT bagi terapis pemijat rumah pijat (untuk usaha rumah pijat)
  5. Sertifikat kualitas air untuk usaha gelanggang renang, taman rekreasi dan taman bertema apabila produk utamanya menggunakan air

Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi Dan Pameran

  1. Bukti sosialisasi kepada lingkungan sekitar yang disahkan RT, RW, Lurah dan Camat
  2. Surat pernyataan tidak menjual minuman beralkohol tanpa izin
  3. Data peserta
  4. Izin tempat yang digunakan

Jasa Pramuwisata

  1. Foto copy sertifikat kompetensi

Wisata Tirta

  1. Sertifikasi bagi pemandu arung jeram
  2. Sertifikat kualitas air (untuk usaha dermaga wisata)

SPA

  1. Rekomendasi dari Asosiasi Profesi SPA
  2. Struktur tenaga kerja
  3. Daftar tenaga kerja SPA terapis, manajer, direktur, konsultan yang terlibat memiliki kemampuan teknis yang baik dan bersertifikat dilengkapi dengan foto copy KTP, fotocopy Ijazah dan sertifikat seluruh tenaga kerja
  4. Foto copy kualitas air dari laborat Kota magelang
  5. STPT terapis SPA
  6. Data peralatan pelayanan SPA dan bahan yang digunakan
  1. Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran berkas permohonan

  1. Jangka waktu pelayanan

Maksimal 5hari kerja

  1. Biaya/tarif

Rp. 0,-

  1. Produk pelayanan

Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)

  1. Sarana dan prasarana, dan/atau fasilitas
  1. Formulir-formulir
  2. Peralatan Kantor
  3. Sistem antrian
  4. Ruang Tunggu
  5. Meja Pelayanan
  6. Perangkat komputer, printer dan internet
  7. Kendaraan survey
  8. Tempat pengarsipan.
  1. Kompetensi pelaksana

Petugas minimal berpendidikan D-3, mampu mengoperasikan komputer dan telah dilatih Pelayanan Prima, Pelatihan audit internal, Pelatihan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pelatihan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal.

  1. Pengawasan internal
  1. Pengawasan yang dilakukan oleh atasan langsung pada setiap jenjang/lini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya
  2.  Pengawasan oleh Tim Teknis Perizinan
  3. Pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh tim Pengendalian dan Pengawasan atau tim audit internal yang ditunjuk
  4. Pengawasan yang dilakukan secara berkala atau sesuai keperluan oleh auditor daerah.
  1. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Pemohon dapat menyampaikan pengaduan kepada Kepala Dinas melalui :

  • Petugas loket/front office
  • Form pengaduan online di dpmptsp.magelangkota.go.id
  • Email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Kotak pengaduan di DPMPTSP

Pengaduan yang menyangkut administrasi perizinan akan ditindaklanjuti oleh DPMPTSP melalui Unit Khusus Penanganan Pengaduan Masyarakat, sedangkan pengaduan diluar administrasi perizinan akan diteruskan kepada OPD terkait.

  1. Jumlah pelaksana

Petugas Tim Teknis : 9 orang

  1. Jaminan pelayanan
  1. Dalam melaksanakan kegiatan menggunakan Panduan Mutu, Dokumen SOP dan Instruksi Kerja
  2. Dilakukan Audit Internal dan Eksternal sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001:2015
  3. Dilakukan pemeliharaan rutin terhadap sarana prasarana pendukung.
  1. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Jaminan keamanan dan  keselamatan dapat berupa :

  • Pengawasan lingkungan dengan CCTV
  • Sertifikat memiliki kode otentifikasi keaslian
  • Penyediaan alat pengaman kerja seperti tabung pemadam kebakaran, kotak P3K
  • Sistem pengamanan jaringan komputer.
  1. Evaluasi kinerja pelaksana
  1. SurveyKepuasanMasyarakat
  2. Prevalensi jumlah aduan
  3. Rapat Tinjauan Manajemen
  4. Laporan bulanan pelaksanaan pelayanan perizinan
  5. Laporan bulanan pencapaian sasaran mutu
  1. Formulir
 

 

FacebookTwitter RSS