Meet Gavern - Free Joomla! 3.0 Template

Izin Usaha Toko Modern

  1. Dasar hukum
  1. UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik;
  4. Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Pasar Tradisional Dan Penataan, Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern;
  5. Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun2016 tentang Pembentukan dan Penyusunan Perangkat Daerah;
  6. Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan;
  7. Permendag No 77 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Di Bidang Perdagangan;
  8. Peraturan Walikota Magelang Nomor 66 Tahun 2012 tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern;
  9. Peraturan Walikota Magelang Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Pendelegasian Wewenang Bidang Perizinan Dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang;
  10. Peraturan Walikota Kota Magelang Nomor 50 Tahun 2018  tentang Perubahan Atas Peraturan walikota Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  11. Keputusan Walikota Magelang Nomor 503/121/112 Tahun 2020 tentang Jenis-jenis Perizinan dan Nonperizinan yang didelegasikan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang.
  1. Persyaratan

Persyaratan memperoleh IUTM bagi Toko Modern yang berdiri sendiri:

  1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  2. Izin Usaha dengan Komitmen
  3. Surat Pernyataan Pemenuhan Komitmen
  4. Foto copy kartu tanda penduduk  pemohon
  5. Hasil Analisa kondisi sosial ekonomi masyarakat, kecuali bagi yang telah beroperasi sebelum berlakunya Perda No. 6 Tahun 2011
  6. Rekomendasi dari Instansi yang membidangi perdagangan
  7. Foto copy surat izin prinsip/skrkdari Walikota
  8. Foto copy surat izin lokasi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Daerah
  9. Foto copy surat izin mendirikan bangunan (IMB)
  10. Foto copy akta pendirian perusahaan atau cabang perusahaan yang dilegalisir
  11. Program kemitraan yang dilengkapi dengan MOU dengan UMKM
  12. Surat pernyataan bermaterai 6000 yang berisi :
    • kesanggupan melaksanakan dan mematuhi ketentuan yang berlaku
    • kebenaran dokumen persyaratan
    • tidak berjejaring
    • Untuk PMA melampirkan Copy izin dari PM
    • Foto copy UKL/UPL/Amdal yang disahkan Dinas Lingkungan Hidup dan/atau Izin Lingkungan

Persyaratan memperoleh IUTM bagi Toko Modern yang terintegrasi dengan Pusat Perbelanjaan atau bangunan lain :

  1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  2. Izin Usaha dengan Komitmen
  3. Surat Pernyataan Pemenuhan Komitmen
  4. Foto copy kartu tanda penduduk pemohon
  5. Foto copy surat izin mendirikan bangunan (IMB)
  6. Hasil analisa kondisi sosial ekonomi masyarakat(kecuali non jaringan)
  7. Foto copy IUPP Pusat Perbelanjaan atau bangunan lainnya tempat berdirinya Toko Modern
  8. Foto copy akte pendirian perusahaan atau cabang perusahaan yang dilegalisir
  9. Program kemitraan yang dilengkapi dengan MOU dengan UMKM
  10. Foto copyUKL/UPL/Amdal yang disahkan Dinas Lingkungan Hidup dan/atau Izin Lingkungan.
  11. Surat pernyataan bermaterai 6000 yang berisi :
    • kesanggupan melaksanakan dan mematuhi ketentuan yang berlaku
    • keabsahan dan kebenaran dokumen persyaratan
  1. Sistem, mekanisme, dan prosedur
  1. Pendaftaran melalui OSS
  2. Pemenuhan Komitmen
  1. Jangka waktu pelayanan

Maksimal 2hari kerja

  1. Biaya/tarif

Rp. 0,-

  1. Produk pelayanan

Izin Usaha Toko Modern

  1. Sarana dan prasarana, dan/atau fasilitas
  1. Peralatan Kantor
  2. Sistem antrian
  3. Ruang Tunggu
  4. Meja Pelayanan
  5. Perangkat komputer, printer dan internet
  1. Kompetensi pelaksana

Petugas minimal berpendidikan D-3, mampu mengoperasikan komputer dan telah dilatih Pelayanan Prima, Pelatihan audit internal, Pelatihan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pelatihan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal.

  1. Pengawasan internal
  1. Pengawasan yang dilakukan oleh atasan langsung pada setiap jenjang/lini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya
  2. Pengawasan oleh Tim Teknis Perizinan
  3. Pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh tim Pengendalian dan Pengawasan atau tim audit internal yang ditunjuk
  4. Pengawasan yang dilakukan secara berkala atau sesuai keperluan oleh auditor daerah.
  1. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Pemohon dapat menyampaikan pengaduan kepada Kepala Dinas melalui :

  • Petugas loket/front office
  • Form pengaduan online di dpmptsp.magelangkota.go.id
  • Email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Kotak pengaduan di DPMPTSP

Pengaduan yang menyangkut administrasi perizinan akan ditindaklanjuti oleh DPMPTSP melalui Unit Khusus Penanganan Pengaduan Masyarakat, sedangkan pengaduan diluar administrasi perizinan akan diteruskan kepada OPD terkait.

  1. Jumlah pelaksana

Petugas Tim Teknis : 3orang

  1. Jaminan pelayanan
  1. Dalam melaksanakan kegiatan menggunakan Panduan Mutu, Dokumen SOP dan Instruksi Kerja
  2. Dilakukan Audit Internal dan Eksternal sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001:2015
  3. Dilakukan pemeliharaan rutin terhadap sarana prasarana pendukung.
  1. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Jaminan keamanan dan  keselamatan dapat berupa :

  • Pengawasan lingkungan dengan CCTV
  • Sertifikat memiliki kode otentifikasi keaslian
  • Penyediaan alat pengaman kerja seperti tabung pemadam kebakaran, kotak P3K
  • Sistem pengamanan jaringan komputer.
  1. Evaluasi kinerja pelaksana
  1. SurveyKepuasanMasyarakat
  2. Prevalensi jumlah aduan
  3. Rapat Tinjauan Manajemen
  4. Laporan bulanan pelaksanaan pelayanan perizinan
  5. Laporan bulanan pencapaian sasaran mutu
  1. Formulir
 

 

Copyright © 2021 BP2T Kota Magelang
Jl. Veteran No. 7 Kota Magelang 56117 Jawa Tengah - Indonesia
bp2t.magelangkota.go.id bp2t[at]magelangkota.go.id