Main menu

Tanda Daftar Usaha Pariwisata

 

  1. Dasar hukum
  1. Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 2 Tahun 2015 tentang Kepariwisataan.
  2. Keputusan Walikota Nomor 26 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan dan Rekreasi.
  1. Persyaratan

Persyaratan Umum:

(Kawasan Pariwisata, Jasa Informasi Pariwisata, Jasa Konsultan Pariwisata)

  1. Fotocopy akta pendirian perusahaan dan perubahannya (untuk perusahaan bukan perorangan)
  2. Fotocopy Izin Gangguan (HO) yang masih berlaku
  3. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Denah ruangan dan /atau lokasi tempat usaha
  5. Fotocopy KTP atau tanda bukti diri pemohon
  6. Pas foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar
  7. Fotocopy izin teknis dan dokumen lingkungan hidup
  8. Fotocopy TDP
  9. Surat Rekomendasi dari Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Kota Magelang
  10. Surat pernyataan keabsahan, kebenaran dan sesuai fakta atas dokumen
  11. Surat pernyataan sanggup tunduk kepada Undang-undang dan peraturan yang berlaku

Persyartan khusus:

     Daya Tarik Wisata

  1. Fotocopy bukti hak pengolaan daya tarik wisata

     Jasa Tranportasi

  1. Fotocopy Izin Operasional
  2. Surat keterangan dari pengusaha tentang perkiraan kapsitas jasa transportasi wisata yang dinyatakan dalam jumlah kendaraan, kapal, atau kereta api serta daya angkut yang tersedia
  3. Surat keterangan bekerja sama dengan PO bus/ sarana transportasi lainnya

     Jasa Makanan dan Minuman

  1. Surat keterangan tertulis dari pengusaha tentang perkiraan jasa makanan dan minuman yang dinyatakan dalam jumlah kursi untuk restoran,rumah makan, bar/rumah minum, cafe dan pusat makanan
  2. Fotocopy TDI / Izin Usaha Industri
  3. Fotocopy laik higienis dari Dinas Kesehatan
  4. Fotocopy laik dari Lab

    Jasa Perjalanan Wisata

  1. Surat Keterangan kerjasama dengan perusahaan angkutan

    Penyedia Akomodasi

  1. Rekomendasi dari PHRI
  2. Fotocopy sertifikat (piagam) kelas hotel
  3. Fotocopy kelaikan Lif (bila menggunakan lif)
  4. Fotocopy kelaikan boiler (bila menggunakan boiler)
  5. Fotocopy kelaikan listrik
  6. Fotocopy kelaikan alat pemadam kebakaran
  7. Fotocopy sertifikat laik sehat hotel
  8. Fotocopy sertifikat pemeriksaan kualitas air dari lab kota
  9. Fotocopy izin penggunaan air bawah tanah
  10. Keterangan tertulis pengusaha tentang perkiraan kapasitas penyediaan akomodasi yang dinyatakan dalam jumlah kamar
  11. Keterangan tertulis pengusaha tentang fasilitas yang tersedia

    Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan Dan Rekreasi

  1. Fotocopy bukti sosialisasi kepada lingkungan sekitar yang disahkan RT, RW, Lurah, dan Camat
  2. Surat Pernyataan tidak menggunakan PL (pemandu lagu) bermaterai 6 ribu
  3. Gambar pintu dengan ukuran 40 x 80 kaca bening.   Demikian surat permohonan ini dibuat dengan sebenarnya dan apabila di kemudian hari ternyata keterangan-keterangan tersebut tidak benar, maka

    Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi Dan Pameran

  1. Bukti sosialisasi kepada lingkungan sekitar yang disahkan RT,RW, dan Camat\
  2. Data Peserta
  3. Izin tempat yang digunakan

     Jasa pramuwisata

  1. Fotocopy sertifikat kompetensi

     Wisata Tirta

  1. Sertifikasi bagi pemandu arung jeram

      SPA

  1. Rekomendasi dari Asosiasi Profesi SPA
  2. struktur tenaga kerja
  3. Daftar tenaga kerja SPA terapis, manajer, direktur, konsultan yang terlibat memiliki kemampuan teknis yang baik dan bersertifikat dilengkapi dengan fotocopy KTP, Fotocopy Ijazah dan Sertifikat seluruh tenaga kerja
  4. Fotocopy kualitas air laborat kota Magelang
  5. STPT terapis SPA
  6. Data peralatan pelayanan SPA dan Bahan yang digunakan

   

  1. Sistem, mekanisme dan prosedur
  1. Permohonanpendaftaran.
  2. Pemeriksaan berkas permohonan pendaftaran.
  3. Pencantuman ke dalam Daftar Usaha Pariwisata.
  4. Penerbitan.
  5. Pemutakhiran Daftar Usaha Pariwisata
  1. Jangka waktu penyelesaian
Maksimal 3 hari kerja setelah pencantuman dalam Daftar Usaha Pariwisata.
  1. Biaya/tarif
Rp. 0,-
  1. Produk pelayanan
Surat Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol
  1. Sarana  prasarana dan atau fasilitas
  1. Formulir-formulir
  2. Peralatan Kantor.
  3. Stopmap.
  4. Ruang Tunggu.
  5. Meja Pelayanan.
  6. Perangkat komputer dan printer.
  7. Tempat pengarsipan.
  1. Kompetensi pelaksana
Petugas telah dilatih Pelayanan Prima, Pelatihan audit internal, Pelatihan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pelatihan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal.
  1. Pengawasan internal
  1. Pengawasan yang dilakukan oleh atasan langsung pada setiap jenjang/lini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
  2. Pengawasan oleh Tim Teknis Perizinan
  3. Pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh tim audit internal yang ditunjuk.
  4. Pengawasan yang dilakukan secara berkala atau sesuai keperluan oleh auditor daerah.
  1. Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Masyarakat/ pelanggan/ customer dapat menyampaikan pengaduan kepada Kepala BP2T, petugas loket/front office, telepon, faksimile dan sarana elektronik lainnya atau melalui kotak pengaduan yang tersedia di BP2T.  Pengaduan yang menyangkut administrasi perizinan akan ditindak lanjuti oleh BP2T melalui Unit Khusus Penanganan Pengaduan Masyarakat.  Sedangkan pengaduan yang bukan menyangkut administrasi perizinan akan diteruskan kepada SKPD terkait.
  1. Jumlah pelaksana
Petugas Tim Teknis : 6 orang
  1. Jaminan pelayanan
  1. Dalam melaksanakan kegiatan menggunakan Panduan Mutu, Dokumen SOP dan Instruksi Kerja.
  2. Dilakukan Audit Internal dan Eksternal sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001:2008 masing-masing dua kali dalam satu tahun.
  3. Dilakukan pemeliharaan rutin terhadap sarana prasarana pendukung.
  1. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
Jaminan keamanan dan  keselamatan dapat berupa :
  • Pengawasan lingkungan dengan CCTV.
  • Sertifikat memiliki kode otentifikasi keaslian.
  • Penyediaan alat pengaman kerja seperti tabung pemadam kebakaran, kotak P3K.
  • Sistem pengamanan jaringan komputer.
  1. Evaluasi kinerja pelayanan
  1. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
  2. Prevalensi jumlah aduan
  3. Rapat Tinjauan Manajemen
  4. Laporan bulanan pelaksanaan pelayanan perizinan
  5. Laporan bulanan pencapaian sasaran mutu

 

FacebookTwitter RSS