Main menu

Penyelenggaraan Bintek LKPM Online Bagi Pengusaha

DPMPTSP Kota Magelang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara online bagi pengusaha di Kota Magelang pada hari ini, Selasa 23 April 2019 di The Oxalis Regency Hotel, Jl. Cempaka No 17 Kota Magelang. Acara dibuka oleh Kepala DPMPTSP Kota Magelang, M. Abdul Azis, SH.

Dalam sambutannya Kadinas menyampaikan bahwa pelaporan LKPM adalah hal yang wajib bagi pengusaha dan berharap pengusaha dapat disiplin melaporkannya rutin setiap triwulan sebelum tanggal sepuluh. 

Bintek ini diberikan kepada pengusaha di Kota Magelang yang telah mengajukan izin berusaha. Penyampaian LKPM adalah wajib bagi pengusaha. LKPM bukan sekedar data, namun juga menunjukkan poret investasi di suatu daerah. Dapat diartikan bahwa apabila data investasi dari pelaku usaha tidak terhimpun di suatu daerah, maka tidak diketahui perkembangan investasi daerah tersebut.  Atas laporan tersebut dapat diketahui pula investasi apa yang sedang tumbuh, adakah hambatan investasi yang dihadapi dan kebijakan apa yang dibutuhkan segera dalam rangka mengatasi hambatan tersebut. 

Kegiatan ini dihadir oleh lebih dari 35 pengusaha, dengan menghadirkan pembicara yaitu Didik Subiyantoro, SE, MM, Plt. Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah. Materi yang disampaikan antara lain terkait Perka BKPM No 7 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tatacara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, serta penerapan sistem laporan kegiatan penanaman modal.

Manfaat kegunaan LKPM bagi investor maupun pemerintah:

1. Untuk mengetahui seberapa jauh investasi yang direncanakan dapat diwujudkan/ direalisasikan. 
2. Menyelesaikan persoalan yang dihadapi investor baik pada saat persiapan, pelaksanaan pembangunan ataupun operasi produksi/ komersial. 
3. Masukan untuk menyusun kebijakan dan arah pembangunan di bidang investasi. 

Disampaikan bahwa atas ketidakpatuhan penyampaian LKPM, dapat diberikan sanksi berupa:

1. Peringatan tertulis atau daring/ online.
2. Pembatasan legiatan usaha. 
3. Pembekuan kegiatan usaha dan/ atau fasilitas penanaman modal;
4. Pencabutan kegiatan usaha dan/ atau perizinan penanaman modal dan/ atau fasilitas penanaman modal. 

Berikut dokumentasi kegiatan:

  • 01
  • 02
  • 03
  • 05
  • 06
  • 07
  • 08
  • 09
 

 

FacebookTwitter RSS