Main menu

Dukung Magelang Cerdas, DPMPTSP Berbenah Melalui Aplikasi Perizinan

DPMPTSP Kota Magelang semakin berbenah diri meningkatkan sistem pelayanan. Untuk mendukung visi MAGELANG SEBAGAI KOTA JASA YANG MODERN DAN CERDAS DILANDASI MASYARAKAT SEJAHTERA DAN RELIGIUS, DPMPTSP mengembangkan Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu (Simpadu) yang terintegrasi dengan SMS Gateway dan aplikasi Magelang Cerdas. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kota Magelang mendapat penghargaan Kota Cerdas (Smart City) untuk kategori Kota Kecil pada Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2017.

Malalui kegiatan penyusunan sistem informasi terhadap layanan publik, DPMPTSP pada anggaran perubahan tahun 2017 lalu mengembangkan aplikasi Simpadu. Aplikasi tersebut digunakan untuk mengadministrasi pelayanan perizinan dan non perizinan mulai dari pengajuan permohonan (pendaftaran) hingga penerbitan. Aplikasi tersebut kemudian diintegrasikan dengan aplikasi SMS Gateway yang sudah ada sebelumnya dan telah dimanfaatkan untuk pelayanan.

Aplikasi Simpadu juga memiliki metode pengecekan status proses berbasis web, yang dapat diakses di dpmptsp.magelangkota.go.id pada menu Portal atau oss.magelangkota.go.id. Namun demikian, tidak semua pemohon memiliki kesempatan setiap waktu untuk membuka website dan mengecek status, terlebih, pemohon tidak mengetahui perkiraan perubahan status proses dari penerbitan perizinan yang sedang diajukannya.

Dengan integrasi SMS Gateway, sistem akan mengirimkan SMS secara otomatis begitu ada perubahan status permohonan dikarenakan pemrosesan penerbitan (sejak penerimaan berkas sampai pengambilan izin), sehingga seketika itu juga pemohon dapat mengetahui perkembangan proses pengajuan ijinnya melalui perangkat ponselnya dari nomor SMS Center 0857-9999-6000. Selain itu, pemberitahuan besaran retribusi dan pajak juga dikirimkan secara otomatis melalui sms begitu besarannya ditentukan oleh tim teknis.

Portal perizinan juga telah terintegrasi dalam aplikasi Magelang Cerdas yang dapat diunduh di Google Play.  Pada kelompok Pelayanan Publik, terdapat menu Perizinan dengan sub menu Info perizinan dan Lacak progress perizinan. Info perizinan memberikan gambaran tentang deskripsi izin, syarat dan prosedur pelayanan perizinan. Sementara melalui Info progress perizinan, pemohon dapat mengetahui status permohonan izin yang telah diajukan.  

Dengan peningkatan layanan tersebut, diharapkan masyarakat dapat semakin mudah memperoleh layanan perizinan yang semakin terbuka di Kota Magelang. Berikut adalah beberapa tampilan dari akses portal perizinan dan aplikasi Magelang Cerdas.

  • mc01
  • mc02
  • mc03
  • portal

FacebookTwitter RSS