Main menu

Survey Kepuasan Masyarakat 2017, DPMPTSP "Sangat Memuaskan"

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilaksanakan pada Tahun 2017 memberikan nilai 84,022 untuk DPMPTSP Kota Magelang yang secara kualitatif masuk kategori "Sangat Memuaskan" dengan mutu pelayanan "A".

Ini adalah capaian pertama survey kepuasan masyarakat yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007 mencapai mutu pelayanan “A” / Sangat Memuaskan. Peningkatan hasil survey tahun ini cukup signifikan namun selaras dengan capaian survey tahun sebelumnya yang juga mengalami peningkatan besar.  Survey dilaksanakan melalui kegiatan dari Bagian Organisasi Setda Kota Magelang Tahun Anggaran 2017, dengan menggandeng surveyor independen kerjasama dengan Fakultas Ekonomi Muhammadiyah Magelang.

Survey didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat dengan mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, untuk memberikan kesinambungan perbandingan yang konsisten terhadap hasil survey tahun sebelumnya.

Tujuan dilaksanakannya survey adalah :
1.Untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
2. Untuk memperbaiki kinerja pelayanan yang ada berdasarkan hasil analisis terhadap unsur pelayanan yang kinerjanya rendah.
3. Sebagai dasar untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.
4. Untuk memacu persaingan positif antar unit penyelenggara pelayanan di lingkungan Pemerintah Kota Magelang.
5. Meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah Kota Magelang.
6. Sebagai pedoman Kepala Daerah dalam memberikan pembinaan baik yang berupa reward maupun punishment.

Pengumpulan data telah dilakukan sejak tanggal 3 April 2017 dengan memperoleh 98 responden dari target 150 responden. Survey dilakukan secara langsung menggunakan kuesioner kepada pelanggan DPMPTSP yang telah selesai mengurus izin/non izin (lokasi di DPMPTSP), ataupun kepada pelanggan yang telah menerima pelayanan pengurusan izin/ non izin (lokasi di alamat pelanggan).  

Tidak tercapainya target responden tahun ini dipengaruhi oleh dekatnya rentang waktu survey tahun ini dengan survey tahun sebelumnya yang dilaksanakan pada akhir tahun. Untuk menjaga bahwa responden tahun lalu tidak disertakan lagi pada survey tahun ini, data responden diambil dari pengajuan izin sejak Januari 2017 sampai pelaksanaan survey bulan April 2017.

Kuesioner yang digunakan menggunakan instrumen 15 pertanyaan. Dari responden yang dihimpun dapat disampaikan bahwa pelanggan DPMPTSP Kota Magelang adalah kalangan pekerja diluar pegawai atau pelajar dengan tingkat pendidikan SLTA sampai dengan sarjana dan didominasi oleh laki-laki.  Dari ke 15 unsur pelayanan yang dinilai, nilai kinerja per unsur pelayanan semuanya mengalami peningkatan penilaian.

Istimewanya, capaian penilaian per unsur pada tahun ini semuanya mencapai nilai tertingginya sejak survey pertama kali dilaksanakan tahun 2007. Tercatat 11 unsur penilaian mencapai nilai mutu “A” (Sangat Baik).  Resume survey dapat disimak pada halaman Profil, dan laporan survey selengkapnya dapat diunduh pada bagian Downloads.

FacebookTwitter RSS